Menggapa Air Kencing Berwarna Kuning? Ilmuwan Temukan Jawabannya

Jakarta

Kencing adalah salah satu cara tubuh kita untuk mengeluarkan limbah dan racun yang tidak dibutuhkan. Namun, tahukah kamu mengapa air kencing atau urine kita berwarna kuning?

Pertanyaan ini ternyata sempat membingungkan para ilmuwan selama hampir satu abad. Kini misteri tersebut akhirnya ada jawabannya.

Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Nature Microbiology mengungkap urin berwarna kuning adalah penyebab enzim mikroba.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Enzim tersebut disebut bilirubin reduktase, dan ini merupakan hasil degradasi sel darah merah. Setelah terurai, pigmen oranye terang yang disebut bilirubin diproduksi.

Biasanya, bilirubin disekresi ke dalam usus dan harus dibuang. Bisa juga diserap kembali, yang jika berlebihan bisa menyebabkan penyakit kuning, yaitu kulit dan mata seseorang menjadi kuning.

“Mikroba usus mengkode enzim bilirubin reduktase yang mengubah bilirubin menjadi produk sampingan tidak berwarna yang disebut urobilinogen,” kata penulis utama Brantley Hall, asisten profesor di Departemen Biologi Sel dan Genetika Molekuler Universitas Maryland , dalam pernyataan resmi.

“Urobilinogen kemudian secara spontan terurai menjadi molekul yang disebut urobilin, yang bertanggung jawab atas warna kuning yang kita semua kenal.”

Para ilmuwan berharap temuan ini dapat berdampak pada masalah kesehatan lainnya. Itu karena tim peneliti menemukan bahwa bilirubin reduktase terdapat pada hampir semua orang dewasa sehat. Namun, penyakit ini sering kali hilang pada bayi baru lahir dan individu dengan penyakit radang usus.

“Sekarang kami telah mengidentifikasi enzim ini, kami dapat mulai menyelidiki bagaimana bakteri di usus kita berdampak pada sirkulasi kadar bilirubin dan kondisi kesehatan terkait seperti penyakit kuning,” kata Xiaofang Jiang, salah satu penulis studi tersebut dikutip dari laman Salon. “Penemuan ini meletakkan dasar untuk memahami poros usus-hati.”

Simak Video “Usai Keluar Penjara, Masriah Penyiram Tinja Berulah Lagi”[Gambas:Video 20detik](afr/afr)

 

Updated: Januari 5, 2024 — 2:45 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *